Kamis, 01 September 2011

Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

 


Kaki rematik atau pengapuran? Salah satu pengobatannya dengan berendam air panas yang mengandung belerang. Salah satu pemandian air panas yang mengandung belerang yang paling dekat dengan Jakarta adalah pemandian air panas Bukit Kapur Tirta Sanita Ciseeng. Terletetak di daerah Parung Kecamatan Bogor. Dibutuhkan waktu 1 jam dari kota Bogor untuk menuju tempat ini. Rutenya Kalau dari Bogor langsung menuju Parung terus, Ketemu Pertigaan yang ada papan Tirta Sanita Ciseeng langsung belok kiri. Jika dari Jakarta (lebak Bulus) ke Ciputat lanjut Sawangan terus Parung lalu belok kanan menuju desa Ciseeng. Jika dari Jakarta Selatan/ Depok kearah Cinere lalu Simpang Pamulang terus Sawangan lalu Parung.

Tarif masuk ke wisata ini seharga Rp 7.000 untuk senin sampai jumat dan Rp 8.000 untuk Sabtu dan Minggu. Kalo Lebaran Tarifnya bisa mencapai Rp 10.000.
Di sini kita bisa menyegarkan badan dengan mandi air panas belerang. Air panas ini bermanfaat untuk kesehatan, karena berguna untuk pengobatan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit, tulang dan lain sebagainya.

Kita bisa memilih mandi air panas di kamar mandi tersendiri atau mandi beramai-ramai di kolam. Jika memilih di kamar mandi tersendiri akan di kenakan biaya sewa dengan harga Rp 6.000 per orang (untuk kamar standar berukuran 2 x 2 meter) dan Rp 10.000 per orang (untuk kamar VIP dengan ukuran 4 x 4 meter).

Permandian VIP harus melewati jembatan terlebih dahulu
Kamar VIP (hanya bisa di masuki 1 orang)

Selain mandi air panas, di tempat ini kita juga bisa menikmati pemandangan yang indah, karena disekitarnya terhampar panorama bukit kapur dan pepohonan dengan udaranya yang segar. Para pengunjung dapat naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan alam sekitarnya. Dan dari arah kejauhan bukit terlihat seperti salju, daerah sekitar tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai daerah perkemahan.

Selain itu, Tirta Sanita Ciseeng juga menyediakan pesanggrahan atau penginapan untuk bermalam atau sekedar beristirahat. Jika hanya ingin beristirahat saja maka pengunjung akan dikenakan tarif dan Rp 110.000 untuk yang Standard AC dan Rp 130.000 untuk Ekonomi AC. Jika bermalam akan dikenakan Tarif Rp 140.000 untuk standard AC dan Rp 170.000 untuk kamar ekonomi AC jika tambah extra bed akan dikenakan biaya tambahan Rp 70.000. Untuk Harga Lebaran Tarifnya berbeda.

  Kamar Penginapan


Disini saya sempat membaca sekilas artikel mengenai khasiat belerang. Menurut Dr. Hwang Sung Joo spa garam belerang adalah spa belerang dengan spa air laut akan menyembuhkan dan mencegah penyakit serta menjaga kesehatan. Belerang berfungsi anti alergi, penawar racun, membunuh kuman dan juga dapat menghilangkan gatal-gatal dan rasa sakit, berfungsi menghilangkan zat tanduk secara lunak. Jadi berdasarkan artikel ini, ada dunk manfaatnya saya berendam.


Jam Operasi : 07.00 – 20.00

Taman Wisata Tirta Sanita
Jl. Raya Gunung Kapur, Ciseeng
Parung-Bogor
Telp. (0251) 8542551
Fax (0251) 8542550
Website : www.tirtasanitahotspring.com




16 komentar:

  1. klu yg vip 4x4 itu cuma satu org saja yahh,,,gak bisa berdua.

    BalasHapus
  2. saya lumayan sering kesitu tapi belum pernah nginep,, coz kayaknya serem kalo malem

    BalasHapus
  3. ga serem kok, saya sering nginap di sana bawa anak2 malah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disebelah mana ada penginapan, aku kemarin kesana kok ngak lihat

      Hapus
  4. Harus boking jauh jauh hari g kalo tahun baru

    BalasHapus
  5. Mhn infonya...ada penginapan utk satu rmh ngak ya...krn saya mau nginap sekeluarga besar...saya 5 saudara msg2 bawa anak2

    BalasHapus
  6. Untuk reservasi penginapan telpon kemana ya? Kok nomer yg diatas gk bisa reservasi penginapan.. mohon infonya terima kasih

    BalasHapus
  7. Sya mau pesan 1 kamar tpi gak tau cara'a g mna ..

    BalasHapus
  8. Mau telpon kok nomer ga terdaftar... .?

    BalasHapus
  9. Brp jam hitungannya dengan harga 140.000

    BalasHapus
  10. penginapan nya d dalem tirta sanita apa d luar ya?

    BalasHapus
  11. mau tanya dong klo buat bsk bsa ga

    BalasHapus
  12. Harga penginapan di pesanggrahan brapa duit yg biasa?

    BalasHapus
  13. Saya mao ke pesesanggrahan besok

    BalasHapus